Self growth Thoughts

Ide untuk berefleksi dan merencanakan tahun 2018

25th December 2017 - 7 min read
Ide untuk berefleksi dan merencanakan tahun 2018

Saya suka banget sama yang namanya menulis dan berjurnal. Tidak hanya lewat tulisan di blog tapi lewat tulisan tangan di buku.  Semaju majunya teknologi, akan selalu ada alasan valid mengapa menulis dengan tangan di kertas lebih menstimulasi dan mengkoordinasikan bagian-bagian otak ketimbang lewat sarana lain. Daya ingat juga lebih terlatih dan yang nggak kalah pentingnya adalah manfaat calming dan soothing dari menulis. Sering banget kepala saya memberat akibat banyaknya pikir-pikiran yang nggak terdeteksi dengan baik. Menulis membantu untuk mengklarifikasi apa yang sebenarnya kita mau dan meringankan otak kita. Anyway, grab your book and get through these questions with me <3

Pertanyaan-pertanyaan ini selalu saya tanyakan ke diri saya sendiri di setiap akhir tahun untuk melihat ke belakang dan dengan itu bersiap untuk menyambut tahun baru. Saya percaya banget apa yang kita lakukan di masa lalu adalah manifestasi diri kita yang lebih baik di tahun-tahun selanjutnya. Tapi terkadang kita terlalu fokus ke hal-hal yang belum kita capai sedangkan sebenarnya banyak sekali hal-hal yang dapat membuat kita bersyukur. Jangan pernah berhenti bersyukur, karena bersyukur adalah magnet untuk memikat hal-hal baik lainnya, begitu pun sebaliknya. Dan jangan berhenti bermimpi karena mimpi adalah energi ekstra yang membuat kita termotivasi untuk bergerak dan hidup.

Cari tempat yang enak untuk duduk, pasang musik yang easy dan inspiring, buat teh atau minuman hangat, and let’s answer it out..

1. Apa highlight di tahun 2017?

Sebagai manusia, saya termasuk orang yang pelupa. Pelupa dalam hal apa saja termasuk dalam mengingat apa yang terjadi dalam kehidupan saya. Percaya atau nggak, waktu akan terasa sangat singkat saat kita tidak sadar apa dan bagaimana kita menggunakan waktu kita. Dengan menulis, kita jadi bisa membaca kembali bahwa banyak sekali kebaikan dan pencapaian yang kita alami. Dengan itu, kita pun akan bersyukur.

Highlight ini tidak harus sesuatu yang besar. Gunakan ini untuk fokus ke hal-hal positif yang terjadi dalam kehidupan kita. Satu ataupun dua, pasti ada. Literally any moment of joy and happiness you feel. Setelah melakukan ini, saya jadi ingin mengumpulkan highlight of the month. Dengan menulis, bahkan jurnaling per hari akan mudah untuk mengakumulasi all the precious memories we have. This will go in my 2018 goals 🙂 Ini sesuatu yang akan kita bawa dan ingat sepanjang hidup kita. Membiasakan menulis hal-hal positif dan baik akan meringankan beban otak kita untuk menjadi lebih organised.

2. Apa yang terjadi di 2017 yang paling kamu syukuri?

Just write, write and write things that make you grateful for this year. Literally apapun, as simple as the course of random people smiling at your everyday or be healthy and be able to breath freely every morning. Saya termasuk orang yang keep a gratitude journal dan berusaha untuk mempraktikannya sehari-sehari. Untuk menjawab pertanyaan kedua ini saya akan membuka buka jurnal yang dulu dan mengambil beberapa isinya. Tapi kalau tidak pun kita bisa mencoba mengingat-ingat dengan membuka album foto, instagram, facebook atau apapun yang bisa mengingatkan. Believe me, you will feel like the luckiest person on earth and you will end up with so much things that make you thankful and smile. Any down moment will not matter anymore 🙂

Selain itu semua orang pasti mengalami banyak challenges dan pelajaran. Yang bisa kita liat dari segi positifnya. Tulis apa yang kita bisa dapat dari pengalaman itu dan bagaimana tantangan itu membuat diri kita menjadi lebih baik. Gratitude has such an influence in our happiness.

3. Apa yang ingin kita kembangkan di tahun 2018 dan bagaimana ?

Perubahan apa yang kita pengen lihat di diri kita dan bagaimana kita pengen ngelihat diri kita di penghujung 2018. It seems like further away but before we know it, tahun 2019 sudah di depan mata. Without it being very quick, let’s make goals for our selves. Where do we want to be dan gimana kita pengen ngeliat hidup di kita di segenap tahun 2018.

Biasanya saya tanya ke diri saya sendiri, dimana saya ingin melihat diri saya di penghujung tahun 2018. Dan dari situ saya menghitung mundur untuk menulis hal-hal yang harus saya lakukan atau yang harus saya kembangkan demi mencapai tempat dimana saya ingin berdiri di akhir tahun 2018. Di poin ini saya juga berafirmasi mau menjadi orang yang seperti apa contohnya: bold/berani, percaya diri, kuat, dsb.

4. Area mana yang kita mau fokuskan dan 2018 dan apa goalsnya di setiap area?

Tahun lalu saya menemukan struggle yang ternyata juga dialami oleh banyak orang. Struggle itu adalah ingin melakukan banyak sekali hal dalam satu waktu. Yang jadi masalah adalah keputusan untuk memulai dari mana. Karena melakukan semua dalam satu waktu juga tidak feasible. Seringnya terjadi adalah pada akhirnya tidak memulai darimana-mana karena it all seems too much. Dan itu sayang banget.

Doing things at once is not how life works no matter how hard we work on it. We have to sacrifice in one area in order to grow in another area. We have to do things once at a time. That is how we start. 

Tahun ini saya akan memberi timeline dan menulis area mana yang ingin saya kembangkan. Seperti kesehatan, spiritual atau kreatifitas. I want to be as specific as possible and set a deadline for it. Kemudian break it down to actionable steps. Take the baby step and work on it! Setelah kita achieve satu per satu goal, kita bisa mulai untuk mempraktekannya altogether dengan goal baru kita. Seperti menyirami tanaman yang sudah kita tanam sembari menanam tanaman baru. It will be fruitful at the end.

Let’s take action and be consistent. That’s what makes us different with other people. Idea and goal comes from anyone and everyone, but who actually takes action are only small percentage of it.

Selamat menulis dan bersiap siap untuk tahun baru.

Love,

 

You Might Also Like

1 Comment

  • irmarooke.winny@gmail.com'
    Reply Winny 27th December 2017 at 3:28 pm

    Mbak, mau copas pertanyaan2nya buat di blogku juga yah 😀

  • Leave a Reply