Europe Hidup di Belanda Netherlands

Honeymoon di Belanda saat musim dingin

3rd April 2017 - 11 min read

Jadi beberapa minggu yang lalu, saya dapet pertanyaan dari temen SMA saya soal bulan madu di Belanda. Dia tiba-tiba berkirim kabar sekalian tanya-tanya gimana tinggal di Belanda, yang akhirnya berkelanjutan dengan obrolan soal liburan di Belanda. Usut punya usut ternyata si temen saya ini sedang merencanakan pernikahannya dan dia bersama pasangan berencana untuk jalan-jalan ke Belanda selepas menikah nanti. Mudah-mudahan selalu dikasih lancar! Soal bulan madu di Belanda sendiri, sebenernya kalau dipikir-pikir, saya juga nggak terlalu pengalaman. Karena kan saya di Belanda judulnya bermukim, jadi nggak pernah kepikiran untuk plesir di negara sendiri dengan tujuan ‘bulan madu’. Walaupun begitu, sebenernya memang banyak sih tempat-tempat seru yang akan memorable untuk dihabiskan bersama sebagai pasangan baru.

IMG_3146

Bicara soal bulan madu, Eropa memang menjadi salah satu destinasi utama wisata bulan madu terutama belakangan ini. Karena Belanda selalu menjadi tempat singgah pesawat sebelum lanjut ke destinasi yang sebenarnya, akhirnya Belanda pun juga menjadi tempat transit. Dan nggak jarang para pelancong akhirnya memutuskan untuk tinggal lebih lama di Belanda daripada di negara-negara lainnya. Sebenernya yang namanya bepergian atau jalan-jalan pastinya sudah direncanakan dan dihitung budget-nya. Sesuai dengan gaya saya, masukan-masukan saya di blog ini lebih ke arah bulan madu yang reasonable dan affordable, bukan yang mewah. Apalagi saya ngerti banget, pengalaman, setelah menikah kan prihatin dulu karena biaya pernikahan yang nggak sedikit 😉 Toh juga gimana pun, dimana pun, akan selalu seru, karena yang terpenting bukan tempat tujuanya, tapi state of mindnya. Bahwa perjalanan dan pengalaman berdua lebih penting dari kelancaran jalan-jalannya. Karena justru  disitu pengenalan karakter yang sebenarnya akan kelihatan. Anyway.. sorry for the ramble 😉 Let’s start making plan for your honeymoon in the Netherlands. 

IMG_3074

  1. Akomodasi

Menurut saya, nggak ada yang bisa mengalahkan nyaman-nya airbnb. Ini linknya.. Buat yang belum kenal airbnb, airbnb adalah servis online yang memungkinkan orang untuk menyewa penginapan jangka pendek bahkan juga terkadang jangka panjang seperti beberapa bulan. Bedanya dengan hotel adalah kebanyakan dari properti-properti ini dimiliki oleh individual, jadi memungkinan penyewa untuk menyewa satu rumah beserta isinya. Yang bikin saya suka adalah kenyamanan dan rasa seperti rumah.. Saat cari rumah, pilih filter yang ‘entire house’, juga lebih nyaman untuk kalian pasangan baru… Untuk area tinggal di Amsterdam, coba cari di daerah sekitar ring, jadi nggak terlalu jauh dari tengah kota dan bisa jalan kaki ke tempat-tempat pentingnya. Lebih bagus lagi kalau bisa sewa di dekat kanal, sudah pasti lebih mahal tapi kalau ada budget lebih kenapa nggak. Secara umum, price range disekitar 60-100 euro.. Ya, Amsterdam memang relatif lebih mahal dibanding kota-kota lain, atau bahkan negara-negara lain di Eropa Barat.

Kalau kalian lebih nyaman tinggal di hotel karena selalu bersih, siap dan nggak pengen ngerasa seperti dirumah bisa cek beberapa opsi hotel-hotel romantis disini.

Menginap dan bulan madu di Amsterdam, Belanda

Foto dari Wegenforum

     2. Aktivitas

Di musim dingin, cuaca biasanya bisa mencapai minus terutama di bulan Januari-Februari. Jadi aktivitas pun baiknya kombinasi antara outdoor dan indoor, tapi lebih baik banyak di indoor 😛

  • Museum: Untuk kalian pecinta museum, Amsterdam adalah surganya. Utamanya museum seni dan sejarah. Ada sebuah square terkenal di Belanda yang namanya museumplein (yang artinya museum square) karena alun-alun itu dikelilingi oleh bermacam-macam museum yang berbeda. Dari sang legenda Van Gogh, Stedelijk Museum (Modern and Contemporary art), Rijksmuseum (yang guedenya ya ampun, you name it, it’s in Rijksmuseum), MOCO (Modern Contemporary). Dan juga pastinya ada tulisan I AMSTERDAM yang gede banget itu disana. Jadi sekali dayung beberapa pulau terlampaui. Di daerah situ ada Amsterdam concertgebouw (concert building). Menurut Wikipedia, karena kekerenan akustiknya concertgebouw adalah satu concert hall yang palng bagus, setara dengan Boston dan Vienna. Di hari Rabu siang jam 12.30, ada konser gratis di hall-nya yang kecil. Please please make your time to visit if you have a thing for music. 
    Ada museum gratis di daerah North yang worth banget visiting. Kenapa? selain karena gratis tapi juga karena isi-nya yang edukatif dengan instalasi interaktif, seru dan nggak membosankan soal sejarah film. Tempat ini namanya Ij museum. Aku suka bawa tamu atau temen yang lagi main ke Belanda kesitu karena dapat kesempatan untuk menyebrangi sungai dengan Boat fasilitas stasiun (gratis!). Juga karena gedung dari museumnya cantik, kalian bisa makan siang dan menunggu matahari terbenam disitu sambil minum kopi.
    Tips: Kalau kalian memang pecinta museum, akan menarik untuk beli I Amsterdam City Card karena jadi banyak akses ke diskon (plus gratis transportasi publik). Juga pastikan kalian punya tiket museumnya in advance. Karena antrinya yang kadang keterlaluan panjangnya.

Kalau kalian ke Amsterdam di akhir Januari atau awal Februari, kalian masih bisa dapat suasana natal di museum plein seperti foto di bawah ini.

 IMG_3154

  • Sepedahan atau duduk-duduk di taman (Vondelpark atau Amsterdamsche Bosch): Gampang sekali untuk nyari penyewaan sepedah di Belanda. Untuk bulan Februari mungkin itungannya masih lumayan dingin, tapi dengan perbekalan dan pakaian yang cukup, kapan lagi dapet pengalaman sepedahan di Belanda. Jarak dari satu tempat ke tempat lain masih sangat terjangkau dengan sepeda. Kamu bisa parkir dan menikmati segarnya taman-taman di kota Amsterdam. Di dalem Vondelpark ada beberapa kafe dan restaurant yang kamu bisa singgahi untuk minum segelas Chocomel (Dutch Hot Chocolate).
  • Volendam: Mungkin kalian pernah beberapa kali melihat orang-orang berfoto dengan pakaian tradisional khas Belanda. Nah Volendam itu tempatnya! Ada studio berjejer-jejer dan bahkan ada artis dan politikus yang fotonya nangkring di depan display. Untuk pasangan baru, foto ini perlu untuk kenang-kenangan. Volendam bisa dijangkau dengan bus dari Amsterdam Centraal Station dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Untuk lebih jelas cara untuk kesana dan harga tiketnya cek disini. Dari Volendam nanti bisa naik ke kapal ke Pulau Marken. Pulau kecil cantik yang ada di atas Amsterdam.
  • Jalan-jalan dipinggir kanal: Ini sih hal favoritku dan suami, jalan-jalan.. Bisa siang atau malam, tapi malam lebih seru dan romantis. Jalan-jalan sambil ngobrol soal kehidupan kalian setelah menikah dan rencana-rencana ke depan, atau ngobrol-ngobrol ringan aja soal gimana kesan soal kota Amsterdam. Saat kalian jalan nanti, kalian pasti akan nemu ‘secret hidden gem’, seperti toko-toko atau cafe/restaurant cantik. Saat sudah kedinginan atau kaki sudah capek berjalan, kalian bisa mampir di salah satu Cafe di sekitar situ sekalian makan malam.

WhatsApp Image 2017-04-03 at 22.09.04

  • Free walking tour: Saat saya berlibur, saya merasa lebih bisa menikmati apa yang saya lihat jika saya tahu makna dan sejarahnya. Walking tour ini walaupun gratis, tapi sangat edukatif dan menyenangkan. Tour ini cukup banyak memberi gambaran umum dari segi kota dan landmark yang mungkin kalian sudah lewati tanpa tau seberapa berharganya. Tidak hanya itu, tetapi juga banyak tentang sejarah dan budaya. Kalian juga akan dijelaskan tentang bagaimana orang-orang Belanda hidup mereka. Tour bertemu di alun-alun DAM dan berlangsung sekitar 2-3 jam. Jangan lupa untuk memberi tips ke pemandu ya! Book your spot here.
  • Canal cruise atau dinner di atas kapal: Sejarah Amsterdam sangat erat dengan air. 165 kanal Amsterdam diciptakan selama berabad-abad untuk merangsang perdagangan dan transportasi dan merebut kembali tanah untuk memperluas kota. Mereka terus mendefinisikan lanskap kota dan pada tahun 2010 cincin kanal (canal ring) Amsterdam diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.
    Sebagian besar canal crusie memakan waktu sekitar satu jam, di mana kalian akan dibawa menjelajah Canal Ring UNESCO yang dilindungi Amsterdam dan menemukan banyak fakta menarik tentang kota sepanjang jalan. Selain itu, saat malam hari tiba, dinner di dalam kapal bisa jadi pilihan romantis yang akan selalu kalian ingat.Bisa cek disini atau disini.
  • Zaanseschan: Saya selalu merekomendasikan tempat ini kepada siapa pun yang minta saran liburan di Belanda / Amsterdam. Tempat ini sedikit di luar Amsterdam, di kota Zaandam. Pada dasarnya kalian dapat mencakup semua apa yang perlu dilihat di Belanda, dari kincir angin, pabrik keju, Albert Heijn yang pertama (supermarket khas Belanda), pabrik klompen, pancake restoran, dll. Zaanse Schans adalah daerah perumahan dari awal abad ke 18-19. Kalian bisa menyewa kapal kecil atau sepeda untuk merasakan suasa desanya. Nggk ada biaya masuk untuk daerah Zaanseschan sendiri dan beberapa museum, tapi kalian harus membayar untuk memasuki pabrik dan beberapa museum. Bagaimana cara ke sana? Kalian dapat pergi dengan kereta sprinter dengan tujuan Uitgeest dan berhenti di stasiun Zaanse Schaan. Atau pergi ke stasiun Zaandam, menikmati sedikit pemandangan di stasiun Zaandam dan mengambil bus 69. Klik disini info lebih lanjut soal Zaanseschan.

        3. Transportasi

Transportasi di Belanda cukup mudah dimengerti. Beberapa transportasi umum yang biasa digunakan di kota-kota besar, seperti Amsterdam khususnya, adalah tram dan bus. Kamu bisa beli tiket transportasi GVB (info di link ini) atau I AMSTERDAM Card (public transportasi dan free/discounted museum entrance (info di link ini). Dan kalau bingung bisa cek google Maps atau tanya ke orang sekitar. Semuanya bisa bahasa inggris kok.

        4. Pilihan lain selain Amsterdam?

Ada banyak kota-kota cantik di Belanda selain Amsterdam, dan tentunya lebih sepi. Contoh kota lain-lain itu adalah Haarlem, Leiden, Rotterdam, Den Haag, Delft atau Utrecht. Semuanya perjalanan kurang dari 1 jam dengan kereta.

        5. Pilihan lain selain Belanda?

Kalian bisa naik kereta Thalys dari Amsterdam untuk ke Belgia (Brussel dan Antwerp) atau ke Prancis (Paris). Untuk informasi kereta dan tiket, bisa dilihat disini.

Selamat menikmati honeymoon-nya!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply